Ganti SPI Flash Getmecom Super+ ke 16 MB

Kadang-kadang teringin juga seperti teman-teman lain yang sudah membuat Getmecom HD009 Super Plus mereka menjadi receiver dualboot menggunakan 2 ic, atau bahkan triple boot mungkin. Namun, ilmu ke situ saya masih belum punya. Jadinya yang bisa hanya ganti ic spi yang ada (8 MB) ke ic spi baru yang sizenya dua kali lipat alias 16 MB. Kapan-kapan kalau ada modal mungkin bisa dinaikkan lagi menjadi 32 MB.

Sayangnya saya tidak begitu mahir dalam hal solder menyolder, jadinya hasil solderan seadanya saja. Terpenting ic spi yang terpasang bisa berfungsi dengan baik. Seperti sebelumnya, saya lebih senang melakukan install firmware menggunakan USB-RS232 untuk Getmecom Super+ via GXDownloader. Lebih mudah bagi saya ketimbang musti cabut pasang ic karna di-burn menggunakan SPI Flash Programmer Adapter. Tapi, nanti saya posting juga proses burning via SPI Flash Programmer untuk melengkapi video arsip saya di YouTube dan di Blogger ini.

Untuk ic spi sendiri saya gunakan merk Winbond 25q128fvsg yang harganya cukup terjangkau untuk kantong saya. Alhamdulillah, jika ada rejeki lagi nanti cari yang 32 MB pastinya. Proses angkat dan pasang kembali ic spi tidak terlalu sulit sih sebenarnya, apalagi mengguakan blower. Tinggal melatih skill ini lebih baik lagi supaya nanti bisa lebih rapi hasilnya.

Baiklah, untuk lebih jelasnya, silakan teman-teman lihat pada video YouTube berikut ini:


Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Mas, mohon pencerahan.
    kalo macet di "wait ROM request... please power on or restart the board..." itu chip Winbond-nya mati, atau bagaimana ya? Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

New Firmware GX6605s: 03 November 2017

New Firmware GX6622 via Net Upgrade versi 20171106

Guoxin GX6605s dan GX6622