Cara Install Firmware Getmecom HD5 Guoxin via GXDownloader

Kelebihan yang jarang dilihat oleh pemiliik Getmecom HD5 Guoxin (GX6605S) misalnya tentang adanya fasilitas recovery install yang membuat box ini seharusnya anti-bricked, atau anti mata-merah. Jadi, ketika salah upgrade firmware, seharusnya proses recoverynya cukup mudah selama masih berada di firmware pabrikan Getme. Namun, kadang hal ini tidak disadari ketika gonta-ganti firmware menggunakan firmware dari brand lain yang ternyata berbeda cara recovery (ambil contoh firmware dari Hellobox), atau bahkan mungkin ada firmware pabrikan lain yang tidak menyediakan fasilitas recovery? (Tell me in the comment).

Nah, di lain sisi, jika kita senang mengutak-atik Getme GX6605S ini lebih jauh, barangkali kita akan lebih senang melakukan install firmware melalui fasilitas lain, yaitu lewat jalur "Serial" dengan dukungan aplikasi khusus di Windows yaitu "GXDownloader". Aplikasi ini cukup powerful untuk melakukan "jitak" (kalau istilah dulu) pada board yang sudah kena mata-merah alias mode-mode yang membuat board seakan tidak bisa difungsikan sama sekali.

Untuk memanfaatkan fungsi upgrade melalui koneksi serial, yang pertama dilakukan tentunya bagaimana mengakses pin serial dimaksud. Pasalnya, untuk Getme GX6605S tidak tersedia port khusus ke pin-pin tersebut (TX-RX-GND). Oleh karena itu, diperlukan pembongkaran terlebih dahulu pada box yang melibatkan pengangkatan cooling pada cpu nya. Setelah itu baru disolder kabel TX dan RX ke pad yang tersedia (untungnya di board telah ditulis secara terang untuk kedua pad tersebut). Sedangkan GND atau Ground bisa diambil dari USB misalnya. Penampakan Getme GX6605S yang telah disolder TX-RX-GND nya bisa dilihat pada video berikut:


Selanjutnya, jika semua sudah siap, tinggal dikoneksikan menggunakan USB-TTL antara PC/Laptop ke Getme GX6605S (pada contoh saya menggunakan CH341 dengan memindahkan jumper pada adapter tersebut). Nah, tinggal eksekusi saja aplikasi GXDownloader nya, pilihannya:
Chip Type: other
Boot File: gx6605s-generic-sflash-boot

Jangan gunakan config default Chip Type "gx6605s", karena proses akan gagal (Fail). Prosesnya bisa dilihat pada video berikut:


Ok, segitu saja. Semoga post ini bisa bermanfaat untuk yang menggunakan Getme GX6605S. Have fun!

Comments

Popular posts from this blog

New Firmware GX6605s: 03 November 2017

New Firmware GX6622 via Net Upgrade versi 20171106

Guoxin GX6605s dan GX6622